Penyebab Bau Tidak Sedap Kanker Payudara


payudara
Bau tidak sedap karena kanker payudara yang tidak diketahui sejak dini dapat menyebabkan lambatnya penanganan terhadap penyakit tersebut. Menurut Dokter Drajat Ryanto Suardi sebagai Dokter spesialis bedah onkologi bau yang tidak sedap bisa muncul ketika terjadi luka pada kanker payudara.
Menurut penjelasannya, kanker merupakan sel yang menjalar dan memiliki enzim protease pada dinding sel atau enzim yang mencerna protein. Sehingga sel kanker payudara tersebut dapat berkembang dengan cepat ke samping. Karena pertumbuhan kanker yang cepat, sehingga bagian tengah sel tidak mendapat makanan dan mati, itulah yang menimbulkan bau pada kanker payudara. Jika dibiarkan, maka pada jaringan yang mati tersebut dapat hidup kuman anaerob. Anaerob adalah kuman hidup tanpa oksigen.
Jika luka tersebut tidak segera diambil tindakan, maka dapat menyebabkan kematian. Mengenai stadium, tidak hanya dilihat dari luka yang terjadi pada kanker payudara. Stadium kanker payudara ditentukan oleh T atau tumor, N atau Nodul, dan M atas metastasis.

Kanker yang luka meski ukuran tumor tumor kecil, maka sudah termasuk kategori T4. Jika kanker tersebut sudah terjadi penyebaran atau metastasis, maka pasien sudah menderita kanker stadium IV.
Penyebaran pada kanker payudara bisa terjadi di paru-paru, tulang, hingga otak. Oleh karena itu, mengenali sejak dini kanker payudara merupakan hal yang sangat penting mengingat jenis kanker ini adalah kanker yang paling banyak diderita oleh wanita. Jika segera diketahui dan ditangani secara dini, penyembuhan terhadap kanker payudara akan lebih mudah.

Sumber : Kompas

Comments