Virus Zika Dikabarkan Telah Sampai Di Negeri China



virus zikaVirus zika dikabarkan telah merambah ke negeri China, sebagaimana telah dikonfirmasi oleh pejabat kesehatan setempat. Infeksi terhadap virus tersebut ditemukan pada pria dengan usia 34 tahun yang tinggal di Ganxian, Jiangxi. Dikabarkan orang tersebut baru pulang dari Amarika Selatan tepatnya di Venezuela pada 5 Februari 2016, pria tersebut kembali ke China melalui jalur Hong Kong dan Shenzhen.
Pria tersebut sebelumnya mengatakan bahwa dia demam dan kepala pusing. Begitu tiba di China, pria tersebut dengan cepat memperoleh tindakan menjalani karantina di rumah sakit China sejak 6 Februari 2016. Saat ini pria tersebut telah pulih dan ruam pada tubuhnya menghilang.
Menurut pejabat kesehatan setempat, risiko virus zika menyebar melalui nyamuk memiliki peluang lebih tinggi dikarenakan saat ini cuaca sedang berada pada musim dingin. Virus zika menyebar dengan cepat di wilayah Amerika Selatan dan Tengah, hingga Karibia.
Sebagaimana telah ditetapkan oleh WHO bahwa kasus Zika sebagai darurat kesehatan global sehingga hal tersebut menjadi perhatian bersama. Penetapan tersebut dikeluarkan menyusul meningkatnya kasus mikrosefali.
Infeksi virus zika tidak memiliki gejala atau memiiki gejala ringan, seperti demam dan ruam kulit. Untuk itu, semua orang khsusunya ibu hamil diminta waspada penularan virus Zika. 

Sumber : Kompas

Comments